Tips dan Cara Mengoptimalkan Kinerja VPS RAM 512MB

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang dengan judul artikel .

Artikel Terkait Tutorial VPS
Seperti yang agan sista ketahui bahwa belakangan ini banyak sekali para penyedia layanan VPS menawarkan harga yang cukup murah, bahkan lebih murah dari shared hosting. Meskipun begitu, agan sista harus selalu teliti sebelum memutuskan untuk membeli VPS tersebut. Periksalah spesifikasi VPS yang ditawarkan, terutama masalah RAM. RAM atau memory VPS ini sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai agan sista dibuat kesal gara-gara RAM VPS yang terlalu kecil yang menyebabkan beberapa aplikasi penting tidak bisa dijalankan atau sering mati mendadak.

Hal ini pernah admin alami dibeberapa VPS dengan RAM 512Mb atau dibawahnya yang admin sewa dari Provider VPS seperti Digitalocean, Vultr, Ramnode dan sebagainya. Memang betul, admin bisa saja melakukan upgrade ke RAM yang lebih besar, tapi masalah utamanya ada di biaya yang harus admin keluarkan. Terus terang saja saat ini kang erik mengaktifkan 7 VPS, dan jika semua VPS admin upgrade, maka total biaya yang harus dikeluarkan adalah 70 USD, jika satu VPS tersebut dihargai 10 USD dengan ram 1024Mb. Cukup besar rasanya, mengingat kang erik belum mendapatkan penghasilan yang besar dari dunia IM ini.
Mengoptimalkan kinerja VPS, Mysql, Php5-fpm, Webserver Nginx, Mengaktifkan Swap
Berikut ini admin rangkum beberapa point yang dapat Mengoptimalkan kinerja VPS murah dengan ram 512mb :
  • Mengaktifkan Swap
Trik yang pertama ini merupakan trik yang paling tokcer yang pernah kang erik coba. Metode swap ini adalah metode yang mengalokasikan ruang penyimapanan (harddisk) untuk digunakan sebagai RAM. Metode ini terbilang metode yang paling mudah dan terbukti sukses untuk meningkatan kinerja VPS. Hanya saja sebelum melakukan metode ini, harap pastikan terlebih dahulu sisa Harddisk dalam VPS agan sista dan pastikan jenis Harddisk di VPS tersebut bukan jenis harddisk SSD karena untuk SSD takut berakibat buruk terhadap VPS agan sista sendiri.
Berikut adalah cara mengaktifkan swap di VPS  Ubuntu :
dd if=/dev/zero of=/swapfile bs=1M count=1024
mkswap /swapfile
swapon /swapfile
Buka file /etc/fstab
 nano /etc/fstab
Masukkan baris berikut kedalam file tersebut :
/swapfile  swap      swap    defaults         0 0
  • Gunakan Webserver Nginx
Webserver nginx dipercaya lebih ringan daripada webserver lainnya seperti apache. Oleh sebab itulah, jika agan sista ingin menginstall webserver di VPS murah meriah dengan ram 512mb atau kurang, sebaiknya pakai saja web server nginx.
  • Php5-fpm
Untuk PHP, admin sarankan agar menggunakan Php5-fpm. Cara installnya ada di link yang admin kasih diatas. Silahkan ikuti saja panduan yang admin kasih disana, termasuk untuk settingan web server nginx dan php5-fpmnya.
  • Mysql dan tektek bengeknya
Adapun untuk keperluan pengelolaan data atau database, admin sarankan bagi agan sista untuk menggunakan Mysql database saja. Ingat ya, untuk VPS dengan ram pas-pasan sebaiknya jangan pernah menggunakan phpmyadmin. Cara Install database Mysql sendiri ada di link yang admin kasih diatas.

Oh iya untuk PHP5nya admin install paket-paket tambahan yang sangat urgent saja seperti php5-gd dan php5-mysql. Berikut cara installnya :
apt-get install php5-mysql php5-gd php5-xdebug php-apc
Demikianlah tips singkat dari admin tentang cara mengoptimalkan kinerja VPS dengan ram pas-pasan. Kesimpulannya untuk ram pas-pasan ini agan sista kudu pinter-pinter meminimalisir penggunaan aplikasi-aplikasi yang tidak penting. Kalau memungkinkan, agan sista bisa coba dengan mengaktifkan Swap memory. Ini adalah cara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja VPS agan sista.
Tag : Mengoptimalkan kinerja VPS, Mysql, Php5-fpm, Webserver Nginx, Mengaktifkan Swap

Penelusuran terkait Tutorial VPS

KATEGORI TERPOPULER
BERLANGGANAN ARTIKEL
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Lebih baru Lebih lama